1.        Program menentukan bilangan genap yang habis dibagi 3, beserta banyak dan jumlahnya antara a dan b.
1.1   Flowchart 
![]()  |   
   
  |   
   
  |   

   
  |   
![]()  |    ![]()  |   ||
   
  |   
   
  |   
   
  |   
   
  |   
   
  |   
1.2 Tracing Flowchart 
           a = 10
           b = 24
         i = 12  18
         jml = 30
         byk = 2
1.3 Script Program :
program Menentukan_Bilangan_Genap_Yang_Habis_Dibagi_3;
uses crt;
var
   x,y,bil,sum,count : Integer;
   u : string;
Begin
     repeat
     clrscr;
     writeln('++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++');
     writeln('+----Selamat Datang di Program Penenentuan Bilangan----+');
     writeln('+--------Antara Bilangan x dan y akan ditentukan-------+');
     writeln('+----------bilangan genap yang habis dibagi 3----------+');
     writeln('++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++');
     writeln(' ');
     write('Tekan ENTER untuk memulai');
     readln;
     writeln(' ');
     write('Masukkan x (Bilangan Awal) : ');
     readln(x);
     write('Masukkan y (Bilangan Akhir) : ');
     readln(y);
     sum := 0;
     count  := 0;
     writeln(' ');
     writeln('KESIMPULAN : ');
     write('Bilangan yang memenuhi antara lain ');
     for bil:=x+1 to y-1 do
         Begin
              if bil mod 2 = 0 then
                 Begin
                      if bil mod 3 = 0 then
                         Begin
                              write(bil,' ');
                              sum := sum + bil;
                              count  := count + 1;
                         End;
                 End;
         End;
     writeln(' ');
     write('Banyak bilangan : ',count);
     writeln(' buah bilangan');
     writeln('Jumlah bilangan : ',sum);
     readln;
     writeln('Ingin mengulang? (Ya / Tidak)', u);
     readln(u);
     until u ='Tidak';
     readln;
End.
1.4 Printsreen  program
1.4.1  Areal kerja

1.3.2  Saat di-Run (ctrl+F9)

2.      Program menyelesaikan akar-akar persamaan
2.1 Flowchart program 
      
    
  |   
   
  |   
   
  |   
   
  |   
2.2.  Trace
        2.2.1 Untuk Kondisi D>0
                 a = 1
                 b = -9
                 c = 20
                        D = 1
                 x1 = 5
                 x2 = 4
                 x1i = -
                 x2i = -
      2.2.2 Untuk Kondisi D = 0
                 a = 1
                 b = 4
                 c = 4
                        D = 0
                 x1 = -2
                 x2 = -2
                 x1i = -
                 x2i = -
        2.2.3 Untuk Kondisi D<0
                 a = 3
                 b = 2
                 c = 1
                        D = -8
                 x1 = -
                 x2 = -
                 x1i = 0,14 
                 x2i = -0,80
2.3 Script Program
program Mencari_Akar_Persamaan_Kuadrat;
uses crt;
var
   a,b,c,D,x1,x2,x1i,x2i:real;
Begin
     clrscr;
     writeln('********************************************************');
     writeln('*--Selamat Datang di Program Pencarian Akar Persamaan--*');
     writeln('*-------Bentuk umum persamaan kuadrat = ax^2+bx+c------*');
     writeln('********************************************************');
     writeln(' ');
     write('Tekan ENTER untuk mulai memasukkan nilai a, b, c');
     readln;
     writeln(' ');
     write('input nilai a : ');
     readln(a);
     write('input nilai b : ');
     readln(b);
     write('input nilai c : ');
     readln(c);D:=b*b-4*a*c;
     write('Maka didapat nilai D adalah ', D:0:2);
     readln;
     if D > 0 then
        Begin
             x1:=(-b+(sqrt(D)))/(2*a);
             x2:=(-b-(sqrt(D)))/(2*a);
             writeln(' ');
             writeln('KESIMPULAN : ');
             write('Akar-akarnya antara lain : x1 = ', x1:0:2);
             write(' dan x2 = ', x2:0:2);
             readln;
        End;
     if D = 0 then
        Begin
             x1:=(-b)/(2*a);
             x2:=x1;
             writeln(' ');
             writeln('KESIMPULAN : ');
             write('x1 = x2 yaitu ', x1:0:2);
             readln;
        End;
     if D < 0 then
        Begin
             x1:=(-b+(sqrt(-D)))/(2*a);
             x2:=(-b-(sqrt(-D)))/(2*a);
             writeln(' ');
             writeln('KESIMPULAN : ');
             write('Akar-akarnya imajiner antara lain : x1i = ', x1:0:2);
             write(' dan x2i = ', x2:0:2);
             readln;
        End;
End.
2.4 Printsreen  program
2.4.1  Areal kerja

2.4.2  Saat di-Run (ctrl+F9)
2.4.2.1 Untuk Kondisi D>0

2.4.2.2 Untuk Kondisi D=0

2.4.2.3 Untuk Kondisi D<0

07.15
Ariana





0 comments:
Posting Komentar